Sunday, 18 May 2014

Memahami MVC dengan Codeigniter bag.4 ( Membuat halaman statik )

Pembahasan kali ini akan berhubungan dengan View, yaitu membuat halaman statik untuk memanipulasi HTML code dan PHP didalamnya

Mengapa harus membuat halaman statik ?

Dalam kasus ini halaman statik dibuat agar tidak ada pengulangan penulisan HTML code ketika kita memanipulasi View, misal kita membuat sebuah view untuk halaman Home, lalu kita akan membuat halaman lain seperti About, jika kita tidak membuat halaman statik kemungkinan besar kita akan menulis ulang HTML code seperti navigation, header, footer dll. Ini akan membuat penulisan kode tidak efektif dan tidak terlihat elegant.

Pertama kita membuat sebuah class controller dan beri nama page.php. Ikuti code dibawah;

Class ini memiliki satu method bernama view, fungsi dari class ini adalah menjadi delegate dari setiap permintaan untuk berpindah halaman (link request). Pada fungsi view terdapat satu parameter yang diisi dengan nilai default berupa string nama halaman "home". Validasi berfungsi untuk mengecek apakah halaman yang direquest tersedia atau tidak. Validasi menggunakan file_exist karena yang dicek keberadaan file yang sama dengan nama class. Jika file tidak tersedia akan menampilkan error 404.

Data title sesuai dengan nama file yang dituju, lalu ada tiga view yang diload pada function ini, pertama adalah "header" lalu "page" dan "footer". View yang akan berubah-ubah adalah pages, sesuai dengan link yang diminta.

Sekarang kita akan membuat template yang sangat sederhana, pertama kita buat header.php lihat code dibawah;

Buat folder templates pada view dan simpan didalamnya, view/tempaltes/header.php, selanjutnya buat file footer lihat code berikut;

Simpan dengan nama footer.php dan taruh di folder templates.

Lalu kita buat file css seperti code di bawah;

Untuk file seperti CSS, javascript atau image kita bisa mengkatagorikannya menjadi sebuah assets, assets ini diletakkan sejajar dengan folder aplication dan system, jadi kita buat folder baru dengan nama assets pada "root/[namaDomainKita]/assets", simpan code CSS diatas dengan nama style.css letakkan pada folder assets.

Mengapa kita membuat folder assets diluar folder application atau system ?

Alasannya adalah jika kita menaruh assets dalam folder view dan kita melakukan akses langsung terhadap file tersebut, ini akan mengakibatkan error dengan status "forbidden access 403", karena setiap file pada folder application dan system tidak diperkenankan diakses langsung, inilah salah satu implementasi MVC. Walau kita juga bisa melakukannya dengan sedikit trick, tapi langkah ini kurang tepat.

Selanjutanya buat file view home.php

Sebelum file ini disimpan, buat folder dalam view dengan nama "pages", lalu simpan code dengan nama home.php pada folder pages, "view/pages/home.php".

Ubah File Routing (default_controller)

Selanjutnya kita ubah file application/config/routes.php, ubah baris code menjadi seperti code di bawah;

File ini berfungsi mengarahkan web ke sebuah file (class) yang diakses pertama kali, ketika web diload. Sekarang coba jalankan code pada browser. Jika tidak ada yang salah browser akan menampilkan page seperti pada gambar berikut;

Selanjutnya kita bisa membuat halaman about, dengan mengcopy code dari view home.php, beri nama "about" lalu simpan dalam folder view/pages. Refresh halaman browser dan klik navigaton about, jika benar content akan berubah menjadi halaman about.

Demikian tutorial membuat halaman statik, silakan memberikan masukan, kritik atau request tutorial dengan menulis comment di bawah.

No comments:

Post a comment