Sunday, 25 May 2014

Install MySQL pada Wind. 7

Melanjuti tulisan Intall Apache 2.4.9 dan PHP 5.5.11 pada wind.7 tulisan kali ini membahas cara install database MySQL pada wind.7, SQL adalah bahasa standart untuk melakukan akses ke dalam sebuah database yang relational.

Download MySQL pada link ini download MySQL.

Pada halaman download pilih MySQL Cummunity Server, klik link download

Pada page berikutnya kita akan diberikan pilihan file yang ingin didownload.

Pilihan pertama adalah Windows (x86, 64bit), MySQL installer MSI, dengan mendownload file MSI kita akan lebih mudah saat install MySQL di wind.7, karena semua setting akan otomatis dibuatkan oleh installer.

Lalu yang kedua adalah Windows (x86, 32bit), ZIP Archive, file ini berisi file-file MySQL yang akan kita install melalui console Command Prompt (cmd) dengan tekhnology 32bit (bila windows kita memiliki technology 32bit download file ini) dan satu lagi adalah Windows (x86, 64bit), ZIP Archive, file ini sama dengan yang kedua hanya yang membedakan adalah technology 64bit.

Pada tutorial ini saya menjelaskan bagaimana melakukan install dengan file ZIP Archive, agar kita bisa mengerti setting apa saja yang dilakukan saat install MySQL.

Untuk file yang didownload jika kita menggunakan Wind.7 32bit berarti kita harus download file 32bit, jika Wind.7 64bit kita bisa memilih download file 32bit atau 64bit, dalam kasus ini saya download 32bit.

Extract file download pada file "C:/" dan rename menjadi mysql. Jadi alamat mysql menjadi "C:/mysql/".

Setting variable PATH

Selanjutnya setting variable PATH untuk menambahkan "C:/mysql/bin", lakukan langkah berikut:

Buka explorer, lalu klik kanan pada "Computer", lalu pilih "Properties", pada halaman selanjutnya pilih Advanced system settings, setelah tampil window baru seperti di gambar bawah, pilih Environment Variables

Setelah memilih Environment Variables, akan tampil kembali window baru Environment Variables, pada kolom System variables scrol untuk memilih variable Path, select lalu tekan button Edit. Akan tampil window kecil perahatikan gambar:

Edit System Variable:

Letakkan kursor pada TextArea Variable value lalu tempatkan di belakang value/text yang sudah ada, lalu tambahkan path ini ";C:/mysql/bin", pastikan anda menulis titik koma sebelum path. Lalu OK.

Note: Jangan menghapus value pada text/box Variable value karena akan menyebabkan beberapa services tidak dapat berjalan.

Mengapa kita harus menambahkan path (alamat) mysql pada variable PATH ? Salah satu alasannya adalah agar ketika kita menggunakan mysql dengan cmd kita tidak perlu mengubah alamat path, karena perintah mysql sudah dikenali system melalui variable PATH. Dan agar services mengenali mysql.

Selenjutnya jalankan command prompt sebagai administrator.

Ketikan perintah:

$ mysqld --install;

Jika tampil tulisan "Service succesfully Install", berarti mysql telah terinstall di komputer kita.

Selanjutnya kita mencoba masuk kedalam mysql, ketikkan perintah:

$ mysql -u root

Bila menampilkan tulisan "Welcome to the MySQL monitor, ..." berarti mysql success diinstall dan sudah bisa digunakan, namun bila menampilkan error "Can\'t connect to MySQL server on \'localhost\' (10061)".

Coba cek services windows, apakah MySQL sudah berstatus "Started", jika belum klik kanan pada MySQL services dan pilih start. Lihat gambar:

Note: Untuk membuka services windows dapat dengan klik Windows button lalu search services.

Jika MySQL sudah berstatus Started, kembali ke command prompt, dan ulangi perintah masuk kedalam MySQL.

Memberikan password pada user root

Agar database tidak sembarangan diakses oleh orang lain, ada baiknya bila kita memberikan password pada user root, terlebih user root adalah super user.

Ketikkan perintah berikut:

$ use mysql;

$ update mysql.user set password = password('mysqlpassword') where user = 'root';

Perintah pertama adalah memberitahukan kepada MySQL bahwa kita akan menggunakan database "mysql". Selanjutnya adalah perintah Update table user pada database mysql, password bisa diisikan sesuai yang anda inginkan.

Bila tidak ada error, berarti user root telah memiliki password, untuk mencobanya kita bisa keluar dari mysql dengan menuliskan perintah quit. Selanjutnya kita bisa masuk lagi dengan menuliskan perintah:

mysql -u root -p

Dan masukkan password yang tadi kita buat. Jika berhasil masuk kembali berarti kita telah selesai melakukan install MySQL pada Wind.7.

Silakan memberikan komentar dan saran, pada kolom comment.

No comments:

Post a comment