Wednesday, 14 May 2014

Install Apache 2.4.9 dan PHP 5.5.11 pada Wind. 7

Kebutuhan:

Download semua file yang dibutuhkan dan pilih yang bertekhnologi 32bit, walaupun anda menggunakan Windows 7 64bit.

Langkah pertama, buat folder baru pada C:/ beri nama "apache" menjadi "C:\apache", lalu ekstrak file apache ke dalam folder tersebut. Selanjutanya karena kita menamakan folder dengan nama "apache", kita harus mengubah file httpd.conf.

Buka file httpd.conf pada "c:/apache/conf/httpd.conf" dan buka dengan text editor seperti notepad, selanjutanya rename setiap tulisan "Apache24" menjadi "apache", bisa gunakan fungsi replace (Ctrl+H) untuk memudahkan.

Masih pada file httpd.conf lanjutkan dengan menambahkan tipe file index.php pada DirectoryIndex sehingga menjadi seperti ini.

DirectoryIndex index.php index.html

Uncomment serverName dan ubah menjadi seperti ini:

ServerName localhost:80

Lalu search "mod_rewrite.so" dan uncomment, lihat code:

Untuk install apache, buka command prompt (CMD), arahkan ke path tempat file apache disimpan, lihat code dibawah:

Untuk memastikan apache telah berjalan pada komputer kita, buka browser dan ketikan "localhost" pada URL lalu enter. Jika menampilkan tulisan "it's work" berarti apache sudah berjalan di komputer local.


Selanjutnya kita menginstall PHP 5.5.11

Ekstrak file PHP dalam folder apache, lalu rename menjadi "php" sehingga path menjadi :c:/apache/php, untuk setting dan menghubungkan php dengan apache lakukan langkah-langkah berikut:

Edit file httpd.conf pada folder "c:/apache/conf/httpd.conf". Tambahkan code dibawah pada file httpd.conf tempatkan code pada posisi paling bawah.

Selanjutnya kita lakukan setting pada file php.ini. Buka file path "c:/apache/php" lalu rename file php.ini-development menjadi php.ini, buka dengan texteditor (notepad). Ubah beberapa informasin seperti dibawah ini:

Lalu uncomment beberapa extensions standard, lihat dibawah:

Selanjutnya tambahkan alamat ";C:/apache/php" pada environment variable PATH.

Buka explorer, lalu klik kanan pada Computer, lalu klik Advanced system settings lihat pada gambar:

Note: Jangan lupa menambahkan titik koma, sebelum menambahkan alamat "C:/apache/php"

Setelah semua setting telah dilakukan, kembali ke CMD dan restart apache:

$ httpd -k restart

Untuk melakukan test apakah install apache dan php telah sukses, kita bisa membuat sebuah file, lalu tuliskan code berikut:

Simpan pada directory root, c:/apache/htdocs/, simpan dengan nama test.php, selanjutnya jalankan script pada browser dengan mengetik "localhost/test.php". Jika success akan menampilkan tampilan seperti berikut:

Note: Pastikan semua extension yang diload pada file php.ini tampil pada halaman phpinfo(), dan cek log/error.log apakah ada error pada apache dan php. Lakukan pengecekan ini agar ketika masa development tidak terjadi error yang tidak teridentifikasi.

Demikian tutorial cara install apache dan php tanpa bundle application seperti XAMPP, WAMP. Silakan berikomentar jika ada kesalahan penulis.

No comments:

Post a comment