Sunday, 19 January 2014

Memahami MVC dengan Codeigniter bag. 2

Melanjutkan tulisan sebelumnya pembahasan kali ini akan masuk ke dalam bagian MVC yang lain yaitu Model yang dalam hal ini berarti berhubungan dengan database, membuat aplikasi yang berhubungan dengan database berarti harus mempersiapkan database yang akan digunakan.

Ini adalah langkah-langkah yang akan dibahas dalam tulisan kali ini:

  1. Membuat database dan table pada MySQL
  2. Melakukan configuration database connection pada file confige cogeigniter
  3. Membuat Class Model dan function get pada class model
  4. Load model dan populate data pada Controller
  5. Menampilkan data pada table view

1. Membuat database dan table pada MySQL

Pada langkah ini saya mengasumsikan komputer telah terinstal MySQL, dan lanjutkan dengan membuat sebuah database dan berinama latihan_oop.

CREATE DATABASE latihan_OOP;

Lalu pastikan database yang baru dibuat adalah database yang digunakan.

USE latihan_oop;

Lanjutkan dengan membuat table;

Jika sudah memiliki table, lanjutkan dengan mengisi data pada table.

Lakukan pengecekan database dan data, pada MySQL. Jika menggunakan XAMPP bisa digunakan di phpMyadmin.

2. Melakukan configuration database connection pada file config Cogeigniter

Pada codeigniter melakukan configuration database telah dibuat mudah seperti framework yang lain. Untuk melakukannya lakukan pada file database.php yang berlokasi pada directory codeigniter: application/config/database.php

Buka file database.php dengan IDE, lalu isikan username, password dan database sesuai dengan configuration komputer server/localserver.

Lihat code berikut:

Untuk user MySQL default adalah root, jika tidak memiliki password isikan dengan string kosong seperti diatas. Dan untuk database isikan nama database yang dibuat diatas.

Pastikan configuration database telah benar.


3. Membuat Class Model dan function get pada class model

Setelah database terhubung, selanjutnya adalah membuat class model untuk memanipulasi database. Buat file baru pada IDE, lalu buat class seperti code dibawah:

Simpan file ini pada directory application/model, alasan kenapa di directory model sudah dibahas pada tulisan pertama memahami mvc dengan codeigniter bag. 1. Simpan dengan nama msiswa, perhatikan untuk memberi nama file sama dengan nama class.

Class model msiswa yang dibuat adalah class turunan dari class CI_Model yang adalah class milik Codeigniter, dengan menggunakan extends/turunan membuat class msiswa dapat menggunakan semua properties dari class induk.

Perhatikan pada baris ke-17, kita menggunakan function db, agar fungsi ini dapat digunakan kita harus load libraries database terlebih dahulu. Buka file autoload.php pada directory application/config/autoload.php, lihat pada baris ke-55. Tuliskan database dan table pada array kosong. Lihat code di bawah:

$autoload['libraries'] = array('database', 'table');

4. Load model dan populate data pada Controller

Selanjutnya adalah membuat class pada Controller, class pada controller ini akan berfungsi menjadi jembatan data antara class model dengan View. Dalam hal ini kita akan memanfaatkan class Welcome yang sudah ada dan kita ubah sedikit untuk populate data dan mengirimkan variable array() ke view. Function yang diubah adalah function index(). Lihat code berikut:

Selanjutnya adalah membuat view.


5. Menampilkan data pada table view

Setelah class model siap dan telah digunakan pada class Controller selanjutnya menampilkan data pada view, lihat code berikut:

Jalankan project pada browser, jika semua code benar akan menampilkan table dengan data yang telah diisi. Lihat gambar di bawah sebagai hasil akhir.

Selanjutnya kita akan membahas CRUD pada Codeigniter.

No comments:

Post a comment