Wednesday, 19 June 2013

Memperbaiki Path XCode

Masalah ini terjadi beberapa waktu yang lalu, saat saya update Xcode 4.6.2 saya ke versi 4.6.3. Awalnya semua berjalan lancar, build program dan run berjalan dengan baik, sampai ketika saya membutuhkan file untuk di add kedalam project saya file tidak dapat di add.

Analisis pertama saya adalah hak akses dan group yang saya buat pada komputer, alasannya adalah perilaku xcode saya baik-baik saja sebelum saya membuat group dan membagi hak akses pada komputer saya.

Saya berfikir karena user tidak memiliki hak akses pada directory project membuat file tidak dapat di copy. Setelah beberapa saat mencari solusi dan berlarut ke beberapa jam kemudian, hasilnya nol besar, walau beberapa masalah pada forum di stackoverflow.com sedikit mirip, tapi bukan benar-benar solusi yang dibutuhkan.

Akhirnya inisiatif terakhir dan untuk memperkuat hipotesis saya, Xcode saya uninstall, dan saya bersihkan semua file Xcode. Ketika di install dan dijalankan ternyata tidak merubah perilaku menyimpang dari Xcode saya.

Setelah semua sudah saya upayakan dari repair permission, uninstall git dan lain2 tapi tidak mendapatkan hasil. Saya mulai berfikir untuk mencari pemecahan masalah dengan kata kunci lain pada Google, saya coba gunakan "fix xcode path", dan saya menemukan blog ini http://blog.nhocki.com/2012/05/09/fix-xcode-path, disini tidak terlalu dijelaskan detail kenapa xcode tidak merubah path yang mengarah pada developer tools miliknya sendiri.

Dengan menuliskan command ini pada terminal:

Setelah itu perilaku Xcode saya kembali normal.
Dan semoga pengalaman saya ini bisa jadi pelajaran buat anda sekalian yang menggunakan Xcode dan menjadi informasi untuk yang belum menjadi programmer Mac OS atau IOS.

No comments:

Post a comment