Tuesday, 25 June 2013

Homebrew, mengatasi "ERROR! The server quit without updating PID file ..." saat install mySql

Melanjutkan tulisan "Install MySQL pada Mac OS Mountain Lion dengan Homebrew", tulisan ini akan membahas bagaimana memperbaiki salah satu error yang sering muncul pada Mac OS Mountain Lion.

Saya sendiri sudah mencoba meng-install homebrew-mysql pada beberapa Macbook dengan OS Mountain Lion, beberapa Macbook tidak mengalami error dan beberapa mengalami. Error yang terjadi adalah "ERROR! The server quit without updating PID file …"

Cara mengatasi error ini tidak begitu sulit, karena kemungkinan terbesar adalah hak akses pada directory tidak mengizinkan user melakukan perubahan, walaupun ada sedikit kemungkinan lain, dan ini saya pernah temui.

Bila Error karena hak akses, bisa diperbaiki dengan menggunakan chmod dan arahkan pada directory "/usr/local/var/mysql/*", perhatikan command dibawah:

$ chmod g+w /usr/local/var/mysql/*

Bila dengan command di atas tidak berhasil, coba dengan mengecek file /etc/my.cnf, jika file ini ada remove file ini, dengan command:

$ rm /etc/my.cnf

Jika sudah coba restart mysql.server.

Jika masih ada error pada proses intall mysql dengan homebrew, silakan tuliskan error, dan log error pada command dibawah. Saya akan coba membantu mencari penyebabnya.

No comments:

Post a comment