Thursday, 4 April 2013

Konfigurasi postfix untuk kirim email dari Mac OS Mountain Lion.

Langkah 1

Pertama buat Simple Authentication and Security Layer password file. Untuk membuat ini, buka terminal. Lalu ketikan command berikut;

$ sudo mate /etc/postfix/sasl_passwd

Terminal akan meminta root password untuk melakukan perubahan pada file. Lalu ketikan informasi seperti dibawah ini, ubah contoh@mail.com dengan valid email dan password.

$ smtp.gmail.com:587 contoh@mail.com:password

Simpan perubahan.

Langkah 2

Selanjutnya kita membuat sebuah postfix lookup untuk file SASL password yang baru. Untuk membuatnya ketik baris command dibawah pada terminal.

$ sudo postmap /etc/postfix/sasl_passwd

Langkah 3

Sekarang kita melakukan konfigurasi postfix pada file main.cf. Sebelum melakukan perubahan, sebaiknya backup file main.cf agar bila terjadi kesalahan dalam konfigurasi dapat dikembalikan ke file awal. Baris pertama pada code dibawah adalah fungsi untuk melakukan copy file.

$ sudo cp /etc/postfix/main.cf /etc/postfix/main.cf.orig
$ sudo mate /etc/postfix/main.cf

Baris kedua akan menampilkan file main.cf pada editor, bila editor mate tidak dikenali ubah menjadi nano. Dan bila file tampil, tambahkan code berikut pada bagian akhir file.

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan.


Langkah 4

Pada langkah ini kita tinggal memasukan perintah start pada postfix, dengan command berikut;

$ sudo postfix start

Jika terdapat error pada konfigurasi main.cf, lakukan perbaikan dan reload postfix dengan command berikut;

$ sudo postfix reload

Langkah 5

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengujian pada hasil konfigurasi postfix mail kita. Tuliskan command berikut untuk pengetesan.

date | mail -s test youremailaddress@yourdomain.com

Jika semua konfigurasi benar, email akan terkirim, dengan pesan 'test'.
Konfigurasi ini telah berhasil pada Mac OS Mountain Lion 10.8.3 yang saya gunakan, tapi jika anda ada masalah atau error setelah mengikuti tutorial ini, silakan memberikan pertanyaan dan saya akan dengan senang hati menjawab jika sempat.

No comments:

Post a comment