Saturday, 15 September 2012

Apa Perbedaan Antara InnoDB dan MyISAM ?

Saat ini saya ingin mengingatkan apa perbedaan antara MySQL InnoDB dengan MySQL MyISAM, untuk yang sering menggunakan MySQL dua istilah ini pastilah sangat akrab terdengar.

Perbedaan yang paling mendasar dari InnoDB dengan MyISAM adalah:

  • InnoDB mendukung transaction.
  • InnoDB mendukung beberapa fitur-fitur baru; Transactions, row-level locking, foreign-keys.
  • InnoDB sangat tepat untuk database dengan high volume dan high performance.
  • InnoDB memiliki crash recovery yang lebih baik dari MyISAM.
  • MyISAM memiliki indeks pencarian fulltext.

Orang-orang yang menggunakan MyISAM memiliki alasan kecepatan, karena dengan menggunakan MyISAM aplikasi akan lebih cepat bekerja saat berhubungan dengan query database. Namun InnoDB memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh MyISAM seperti, row-level locking.

InnoDB di design untuk performa maksimum ketika memproses data dengan volume yang sangat besar, dengan design seperti itu, InnoDB meminta performa mesin / server yang tinggi.

InnoDB atau MyISAM memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri yang menguntungkan atau kekurangan terhadap satu sama lain. Masing-masing akan cocok digunakan untuk skenario-skenario tertentu, tinggal bagaimana kita memanfaatkan keduanya untuk menghasilkan aplikasi yang baik dan bagus.

Penulis sadar masih banyak kekurangan dari setiap tulisan yang dibuat, karena itu tulisan ini butuh masukan dari para ahli dan pakar yang lebih kompeten dalam bidang database khususnya MySQL. kritik dan saran atau perbaikan tulisan sangat diterima oleh penulis, silakan jangan sungkan untuk berkomentar.

No comments:

Post a comment