Sunday, 3 June 2012

Membuat web dengan Drupal

Kebutuhan mengikuti tutorial ini adalah:

  1. Apache server, untuk apache server saya menggunakan xampp, didalam paket instal xampp sudah terdapat Apache, MySQL, PHP dan Perl untuk kebutuhan kita membangun web atau aplikasi berbasis web sehingga kita tidak perlu lagi melakukan konfigurasi web server. Paket xampp sendiri dapat didownload disini, pilih xampp dengan type file .exe untuk windows dan .dmg image untuk Mac OS.
  2. Siapkan IDE untuk melakukan peng-editan file php, bila OS yang digunakan Windows saya menyarankan menggunakan Notepad++ dan dapat didownload disini
  3. Dan satu lagi yang harus ada adalah file bundle drupal tentunya, dapat didowload langsung di web drupal disini, download drupal version 6.xx.

Pertama-tama kita instal xampp, langkah-langkah meng-instal ada pada web xampp, saya mengasumsikan xampp telah terinstal. Setelah ter-instal jalan kan xampp, pada window xampp klik start pada Apache dan MySql, ini dilakukan untuk menjalankan server apache dan MySql yang dibutuhkan. Untuk melihat kalau apache server telah jalan bukan browser dan tulis localhost pada URL, bila menampilkan halaman seperti di bawah berarti xampp telah terinstal dengan benar.

Sekarang cari folder xampp, bila OS anda Windows folder berada di c:/Program Files atau c:/xampp untuk Mac OS berada dalam Application, Extract file drupal, ubah nama folder drupal-6.xx sesuai keinginan dan copy folder ke dalam directory /xampp/htdocs/{folder_drupal}. Bila folder drupal sudah berada dalam directory /htdocs, panggil di browser dengan mengetikan alamat "localhost/{folder_drupal}", bila terpanggil akan menampilkan halaman seperti di bawah.

Pilih Install Drupal in English untuk melanjutkan, jika ingin membaca bagaimana meng-instal drupal dalam bahasa lain bisa klik Learn how to install Drupal in other languages. Setelah memilih Install Drupal in English drupal akan menampilkan error seperti gambar di bawah ini.

Error ini menerangkan bahwa proses instal drupal membutuhkan sebuah file setting sebagai bagian dari proses instal drupal. Untuk melanjutkan proses ini kita harus meng-copy file ./sites/default/default.settings.php kedalam ./sites/default/settings.php dan buat folder dengan nama files di dalam directory yang sama. Jangan lupa berikan hak untuk read dan write pada folder dan file yang baru dibuat. Dan klik try again untuk melanjutkan. Pada proses selanjutnya kita di haruskan mengkonfigurasi database yang akan kita gunakan, pada saat ini kita belum memiliki database untuk digunakan. Jadi kita harus membuat database baru. Untuk membuat database baru cukup mudah karena kita menggunakan xampp apache server yang sudah memiliki phpmyadmin untuk mengelola database MySql kita. Buka browser dan ketik localhost/phpmyadmin pada kolom Create new database isikan nama database yang anda inginkan lalu klik create, sekarang database kita sudah terbuat walau dengan jumlah tabel masih kosong, tapi abaikan saja karena nanti drupal yang akan membuat tabel-tabelnya sendiri. Lanjut pada proses instal drupal, untuk Database type biar tetap memilih mysqli, lalu isikan nama database yang kita buat pada kolom Database name, isikan root pada Database username dan biarkan Database password kosong karena memang kita tidak membuat password pada saat instal xampp apache server, dan abaikan saja Advanced options. Lalu klik tombol Save and continue.

Setelah proses kofigurasi database kita akan konfigurasi web yang kita buat, pada halam selanjutnya akan ada peringatan untuk menghilangkan write permission yang diawal kita berikan untuk file ../settings.php ini sebaiknya kita lakukan untuk keamanan web kita (penting hanya write permission saja yang dihilangkan). Bila sudah lanjutkan dengan Site informasi, secara default drupal akan mengisi kolom site name dengan nama localhost karen kita menjalankan drupal dalam server local. Anda bisa merubahnya bila diinginkan. Untuk site e-mail address bisa diisi dengan email anda atau email fiktif karena ini hanya latihan, selama pola yang diisi sama dengan pola email drupal akan menerimanya. Untuk konfigurasi akun administrator anda harus ingat dengan username dan password yang anda masukkan, terutama password yang dimasukkan, lalu abaikan konfigurasi yang lain dan klik save and continue. Bila semua proses instalasi drupal bener anda akan menerima pemberitahuan seperti dibawah ini.

Klik your new site untuk ke web baru anda.

Demikian langkah-langkah sederhana membuat web dengan drupal, bila ingin mengembangkan web lebih jauh lagi bisa lihat di drupal.org. Di tutorial selanjutnya akan saya bahas bagaimana membuat page baru untuk web drupal.

No comments:

Post a comment